Konsep Teknologi Web

Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian jaringan yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

Website

Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen- dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP (hypertext Transfer protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser. Perbedaan Utama : Internet adalah hardware; Web adalah software

Web atau World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

Hosting

Hosting adalah lokasi atau media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Oke, sekarang coba bayangkan kamu membuka sebuah website di layar komputer atau smartphone. Pernahkah kamu berpikir dimana sih letak website tersebut disimpan? Dimana sebenarnya gambar dan script website itu diletakkan? Nah, semua script website tersebut disimpan dalam suatu tempat yang disebut dengan Hosting. Jadi, pengertian hosting adalah suatu lokasi untuk menyimpan file website bisa dalam bentuk tulisan, gambar, video, kode pemrograman dan sebagainya.

Domain

Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Http

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee.

URL

Lokator Sumber Seragam (LSS), yang juga dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar para penulis dokumen dapat merujuk pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

Konsep Web Statis dan Dinamis

Web berdasarkan teknologinya terbagi menjadi dua, yaitu :

Web Statis

Web Statis adalah jenis Website yang mana penggunanya tidak bisa merubah kontent dari Web tersebut secara langsung menggunakan Browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna (client) dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja.

Web Dinamis

Web dinamis adalah jenis Website dengan interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Di mana seseorang (Client) dapat mengubah Content dari halaman tertentu dengan menggunakan Browser. Request yang dikirimkan oleh pengguna dapat diproses oleh server untuk kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya.

Jenis pemrograman web

1. Client Side Scripting

adalah salah satu jenis bahasa pemrograman web yang proses pengolahannya dilakukan di sisi client. Proses pengolahan client side scripting dilakukan oleh web browser sebagai clientnya. Contoh : HTML, XHTML, CSS, Javascript, XML (Extensible Markup Language).

2. Server Side Scripting

Server Side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahannya dilakukan di sisi server. Maksud server di sini adalah web server yang didalamnya telah mengintegrasikan komponen web engine. Contoh : ASP (Active Server Pages), PHP (Hypertext Preprocessor, JSP (Java Server Pages).

3. Databse

Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Contoh MySQL/Maria DB.

IDE dan Web Editor

Web Editor digunakan untuk mengetikkan bahasa pemrograman untuk membuat dokumen web. Ada banyak software yang tersedia untuk men-develop aplikasi web. Baik yang berbayar ataupun yang gratis. Berikut beberapa software yang cukup terkenal karena kemampuannya, dan tentu saja banyak penggunanya :

  1. Notepad ++
  2. Visual Studio Code
  3. Sublime Text
  4. Dan sebagainya

Browser / peramban

Web Browser merupakan program yang berfungsi untuk menampilkan dokumen-dokumen web dalam format HTML. Ex: Google Chrome, Mozilla Firefox, IE, Opera, dll.

Image Editor

Image editor adalah program aplikasi yang berfungsi untuk melakaukan pengolahan gambar/image. Ex: Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Flash, dll.

Kategori Website

Website Personal, yaitu situs yang digunakan untuk menceritakan tentang biografi diri, pengalaman pribadi, dll. Contoh : Blog Pribadi.

Website Komersial (Company Profile / Online Shop), yaitu situs yang dipakai untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan, atau juga dapat melakukan transaksi penjualan online (dengan sistem shopping cart system). Domain yang biasa digunakan .com, .co.id, dll.

Website Instansi/Pemerintahan situs jenis ini hanya boleh dipakai untuk keperluan website pemerintahan yang resmi. Domain untuk negara Indonesia menggunakan .go.id.

Website Non-Profit, website jenis-jenis ini biasanya digunakan hanya untuk yayasan, sekolahan, dll. Domain yang biasa digunakan .org, .edu, dll.

Selanjutnya adalah sebagai berikut:

Search Engine: Google, Bing, Yahoo Search
Social Media: Facebook, Twitter, Instagram
Cloak URL/Short URL: Adf.ly, Bit.ly, Short.us, s.id
Social Bookmark: Feedburner, Lintas.me
Web directory: Dmoz.org, AboutUs.org
News: Detik, Yahoo, Kompas, CNN
Game: Lytogame, Gemscool, Prodigy
Online Store: Bukalapak, Tokopedia, Bhinneka, Shopee
Forum: Ads-id, Kaskus, Kampoeng,

About the author

2 Comments

  1. ʀꜰʟy July 24, 2019 Reply
    • admin July 28, 2019 Reply

Leave a Reply