Cara Membuat CV di Microsoft Word Plus Download Template Gratis

Pada kesempatan ini Kelas Informatika akan berbagi informasi yang berguna bagi kamu yang ingin Membuat CV di Microsoft Word dengan mudah dan hasilnya keren tentunya. CV (Curriculum Vitae), resume, atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang memuat informasi riwayat hidup seseorang dari mulai kelahiran, informasi kontak, kualifikasi pendidikan, pekerjaan dan karya yang telah dibuatnya. Menurut Wikipedia Indonesia CV atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

Dewasa ini, CV banyak digunakan ketika ingin melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan. Seperti kita ketahui lowongan pekerjaan hari ini sangatlah ketat. Kita harus bisa bersaing dari pelamar yang lainnya yang memiliki kompetensi juga tentunya. Dari banyak lowongan pekerjaan sering banyak menarik puluhan atau bahkan ribuan pelamar yang potensial. Dari jumlah tersebut, banyak sekali yang memang benar-benar berkualitas. Sekarang pertanyaan nya adalah: Bagaimana kamu menonjol dan diakui di antara pelamar yang bersaing tersebut?

Jawabannya terletak pada membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup yang baik, profesional dan sempurna.

pada tutorial berikut ini, kamu akan belajar bagaimana membuat CV menggunakan Microsoft Word menggunakan template yang disediakan gratis. MS. Word mudah sekali digunakan, sehingga tutorial ini cocok untuk kamu yang ingin membuat CV dengan cepat serta belum paham menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw. Selain itu untuk membuat CV di microsoft Word kamu tak perlu memiliki keahlian khusus.

5 Prinsip Desain Membuat CV di Microsoft Word Profesional

CV profesional memiliki beberapa pinsip desain sebagai berikut:

  1. Boldness (Keberanian). Gaya halus dan menarik yang menunjukkan kemauan seseorang untuk menonjol.
  2. Brevity (Keringkasan). CV bisnis harus menjadi satu halaman untuk merangkumnya secara ringkas.
  3. Relevance (Relevansi). Tonjolkan detail yang paling relevan dengan keahlian kamu dan calon perusahaan sementara yang kurang relevan dibuang.
  4. Specificity (Kekhususan). Pekerjaan dan posisi pengalaman khusus harus berada di garis depan.
  5. Connection (Koneksi). Rincian kontak geografis, digital, dan media sosial harus dimasukkan.

[artikel number=3 tag=”vpn,flutter,office” ]

Kedengaran sederhana, bukan? memang benar, tetapi sebagian besar kandidat tidak meluangkan waktu untuk memperbaiki CV mereka. Dengan hanya mengikuti pedoman tersebut, kamu memiliki peluang bagus untuk menarik perhatian perekrut dari perusahaan yang kamu nginkan. mari kita explorasi masing-masing ide diatas dengan sedikit lebih detail beserta contoh dan langkah-langkahnya.

1. Memilih Template CV yang Cocok

Ingatlah bahwa kita sedang membuat CV di Microsoft Word. Jadi kamu bisa mencari template yang sesuai yang kamu inginkan dari sumber yang lain. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa mengunduh template CV untuk microsoft Word dari postingan ini. Silahkan klik download pada link di bagian akhir artikel ini untuk menggunakan templatenya. Kemudian buka di microsoft word untuk mengeditnya. Maka Word akan terbuka dan template nya akan tampak seperti berikut ini:

Membuat CV di Microsoft Word
Template CV yang di download dibuka di Microsoft Word

2. Tambahkan Nama Kamu dan Detail Kontak

Untuk keperluan tutorial ini, kita akan akan membuat CV untuk seorang bernama  Kabayan Bageur, seorang pemasar digital kreatif. Untuk memulai, klik pada penampung teks di bagian atas dan masukkan nama dan detail kontak yang relevan. mempertahankan selalu dengan di update informasi kontak dengan jelas adalah penting untuk memastikan perekrut dan manajer dapat dengan mudah menghubungi kamu. Ini juga menyarankan cara favorit kamu untuk berkomunikasi dan dihubungi. Isikan kontak kamu dengan lengkap dan selalu update dengan teknologi media komunikasi saat ini.

Bagian Kontak CV
Yang terpenting, pastikan bahwa Anda memasukkan detail kontak Anda sehingga perekrut dapat menghubungi!

3. Tambahkan Foto Profil Opsional

Placeholder di sudut kiri atas dimaksudkan untuk memasukkan headshot profesional. Ini adalah cara yang mudah dan unik untuk membuat resume Anda menonjol di tumpukan orang lain. Banyak orang tidak berpikir untuk memasukkan foto mereka, jadi itu adalah pilihan yang sangat baik untuk benar-benar menunjukkan siap kamu.

ntuk menambahkan foto, klik pada placeholder untuk memilihnya. Pada tab Sisipkan (Insert), di grup Ilustrasi, klik Pictures. Pertama, kamu telusuri tempat foto kamu disimpan di komputer. Klik untuk memilihnya, lalu pilih Insert untuk menambahkannya ke resume Word.

Bagian Headshoot CV
Ini opsional, tetapi menambahkan headshot dapat membantu peninjau “menaruh nama dengan wajah” dan menjaga resume Kamu Tertukar.

Setelah gambar ditambahkan, kamu dapat mengubah ukuran dan penempatannya. Cukup klik dan seret untuk memindahkannya di sekitar halaman, atau klik pada salah satu sudut dan seret untuk mengubah ukuran gambar. Mudah, unik, dan benar-benar dapat membantu kamu diperhatikan dengan menjadikan halaman utama yang menarik.

4. Tulis Profil Pemenang

Bagian profil dapat menjadi salah satu hal paling sulit untuk ditambahkan ke resume. Mereka pada dasarnya adalah biografi singkat yang menarik perhatian pada kata kunci kamu. Ini adalah area fokus utama jika kamu membuat resume khusus pekerjaan. Ada beberapa aturan untuk membantu menjadikan profil kamu pemenang:

  • Hindari “Saya” dan “Anda.” Meskipun kamu berbicara tentang diri kamu sendiri, hindari menggunakan referensi orang pertama. Alih-alih fokus pada atribut dan hasil pencapaian kamu.
  • Tonjolkan kekuatan kamu. Misalkan kamu terkenal karena berorientasi pada detail, didorong oleh kreativitas, dan telah menunjukkan sejarah pernah bekerja di lingkungan yang kritis dan waktu serba cepat. Buat pernyataan singkat yang menggabungkan atribut-atribut ini dengan jelas dan ringkas.
  • Poin-poin penting yang utama. Tujuan dari pernyataan profil resume adalah untuk menarik perhatian pada sejumlah kecil item. Mempermudah pembaca dengan meletakkannya dalam huruf tebal. Mata pembaca secara alami tertarik pada teks kontras dan teks berbeda. Manfaatkan fakta ini untuk mendapatkan perhatian.

Dengan mempertimbangkan atribut-atribut ini, silakan tulis pernyataan profil singkat. Untuk gambaran berikut contoh profil singkat:

“Profesional pemasaran digital berorientasi detail. Berpengalaman dalam memberikan solusi berbasis kreativitas di lingkungan yang kritis waktu. Berpengalaman telah sukses dalam memimpin tim lintas fungsi dalam lingkungan global. Tercatat memiliki wawasan yang luas dan solusi kreatif.”

Bagian Profil CV
Tulis profil pemenang yang menyoroti apa yang membuat kamu menonjol dari kandidat lain.

Seperti yang kamu lihat, ketiga kalimat ini menunjukkan keterampilan dan sifat utama yang disesuaikan dengan posisi pemasaran digital. Seorang kabayan menyampaikan fakta secara akurat, tanpa sombong.

5. Pengalaman Pendidikan dan Pekerjaan

Oke, jadi kita telah menambahkan nama kita, info kontak, foto, dan bagian profil yang elegan. Sekarang saatnya untuk masuk ke dalam inti resume – bagian pengalaman kerja dan pendidikan. Profil dan foto terbaik tidak akan berarti apa-apa tanpa latar belakang pendidikan yang sehat dan landasan kerja yang kuat. Tetapi hal tersebut juga tidak berharga tanpa menghadirkannya dengan gaya dan kreatif.

Untungnya, ketika kamu menggunakan templat ini untuk membuat resume di Word, semua konten berharga ini sudah disajikan dengan cantik.

Bagian pendiidkan CV
Placeholder konten yang dibuat sebelumnya membantu mengingatkan kamu apa yang harus dimasukkan dalam resume kamu.

Yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan pengalaman dan riwayat pendidikan kamu sendiri. Cukup klik pada baris teks yang sesuai, dan ganti placeholder dengan teks kamu sendiri.

6. Mengisi Keahlian dan Hobi

Templat resume ini sudah menyertakan ikon resume untuk menambahkan tampilan yang disempurnakan ke file Word Anda. Satu hal yang benar-benar membedakannya adalah bagian keterampilan di sudut kiri bawah. Ini adalah cara visual untuk secara cepat menarik perhatian pada kemampuan unik yang kamu miliki. Dengan ini, kamu benar-benar dapat membuat peringkat keterampilan berdasarkan relatif kemahiran dan urutan prioritas.

Bagian keahlian CV
Beberapa ikon dan grafik utama dapat menghadirkan representasi visual ke keahlian terbaik kamu.

Untuk membuat perubahan di sini, cukup klik pada placeholder teks dan ketik keterampilan kamu sendiri yang ingin kamu tampilkan. Dan kemudian, klik dan seret pada bilah putih untuk menambah atau mengurangi proporsi relatifnya.

7. Yuhu, Selesai. Tinjau Kembali Hasil Akhirnya

Seperti yang kamu lihat, dalam beberapa menit kita telah membangun resume profesional yang menakjubkan dan praktis di Microsoft Word. Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah menyimpan file yang sudah jadi, membagikannya, mencetaknya, dan menemukan pekerjaan impian kamu dengannya.

Membuat CV di Microsoft Word
Resume akhir membutuhkan pemeriksaan terakhir untuk memastikan kamu tidak memiliki kesalahan ketik, kemudian bersiap untuk mengirimnya ke manajer perekrutan dengan mengekspornya ke PDF.

Demikian artikel tentang Cara Membuat CV di Microsoft Word beserta template yang dapat kamu edit sesuai keperluan kamu.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan di media sosial kamu dan beritahu orang terdekatmu supaya bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat juga. Terimakasih. Enjoy it 🙂

Download Templat CV Microsoft Word (Sumber dari zokidesign)

label, ,

About the author

One Comment

Leave a Reply