Assalamualaikum Wr.Wb

Software, aplikasi, perangkat lunak atau program komputer mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar. Apalagi  di era teknologi informasi yang berkembang pesat dewasa ini segala sesuatu bisa dilakukan oleh aplikasi. Mulai dari berbelanja, memanage keuangan, investasi, penggati kartu kredit bahkan mencari pasangan hidup *upsss :D. Beberapa diantara kita mungkin ada yang bertanya-tanya dalam hatinya “bagaimana sih cara membuat aplikasi ?, kok bisa ya aplikasi membantu kita ?, lalu apakah saya bisa membuat aplikasi ?”. Ok pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab pada artikel-artikel yang ditulis oleh Kelas Informatika (hehe sedikit promo).

Bagi kalian yang merasakan hal seperti diatas, ada kemungkinan kalau kalian memiliki minat dibidang pemrograman. Kelas informatika siap membantu kalian semua, baik itu yang belum memiliki dasar sama sekali mengenai pemrograman atau pun sudah mengetahui pemrograman dasar.

Dari bahasan diatas sering kita temukan kata pemrograman. Jadi pemrograman itu apa ?

“pemrograman adalah proses untuk membuat software/aplikasi/program komputer.” Pemrograman merupakan cara merepresentasikan solusi yang kita miliki. Secara sederhananya pemrograman adalah proses kreatif yang mengintruksikan komputer bagaimana menyelesaikan suatu tugas.

Membuat program adalah memberikan instruksi untuk memanipulasi berbagai jenis objek, misalnya angka, kata, gambar, suara, dll. Membuat program komputer serupa dengan membuat musik, merancang rumah atau menciptakan hal lain. Sehingga sebagian pendapat mengatakan bahwa pemrograman adalah seni, bukan rekayasa.

Ketika ditanya apa itu pemrograman ? mari kita jabarkan dari berbagai sudut pandang :

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat pemrograman memiliki peran yang sangat penting. Belajar pemrograman akan membuat kita langsung terlibat kedalam dunia teknlogi. Adapun keuntungan yang akan kita dapatkan ketika belajar pemrograman adalah :

Dengan  belajar pemrograman, kalian akan mendapatkan konsep yang sangat berharga, terlepas apakah kalian akan terus berkarir dibidang ini ataupun tidak. Kalian akan menemukan bahwa komputer itu tidak pintar komputer itu bodoh tapi taat. Komputer hanya bisa mengerjakan sesuatu yang berulang dengan sangat cepat. Ia akan melakukan intruksi apapun yang kalian lakukan.

Tapi hal yang paling penting untuk kita tanamkan dalam diri saat belajar pemrograman adalah bahwa belajar pemrograman itu menyenangkan. Dengan sugesti positif, Kalian akan dapat menikmati proses belajar dan hasilnya pun akan lebih memuaskan.

“Jadilah solusi dilingkungan mu dengan apa yang telah kamu pelajari.”-AGS

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya. Wasalamualikum . Salam perubahan.

Referensi